Kunjungan Dapil, Bukhori Serahkan Puluhan Ribu Paket Bansos Kesehatan dan Bantuan UMKM

Semarang (30/08) — Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, menyerahkan sebanyak 40 ribu paket bantuan sosial kesehatan yang terdiri dari masker, vitamin, dan obat-obatan sederhana untuk masyarakat tidak mampu dan/atau masyarakat terdampak Covid-19 di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah, Sabtu (28/8).

Bantuan tersebut diserahkan kepada perwakilan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, dan nantinya akan disalurkan melalui Karang Taruna.

Dalam acara serah terima bertempat di halaman Kantor Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah itu, Bukhori menuturkan bahwa bantuan yang diberikan kepada masyarakat adalah wujud kehadiran negara di tengah masyarakat.

Fraksi PKS di Komisi VIII DPR dan Kementerian Sosial memiliki perhatian yang sama dalam upaya menanggulangi dampak sosial pandemi di Jawa Tengah. Sebab itu, pembagian masker dan paket vitamin diharapkan mampu membantu masyarakat dari aspek pencegahan dari risiko infeksi virus melalui penegakan protokol kesehatan yang memadai dan asupan vitamin bagi tubuh.

“Bantuan ini merupakan usulan kabupaten/kota yang berhasil kami advokasi, dengan harapan manfaatnya bisa kembali pada rakyat. Ini adalah manifestasi dari peran negara yang hadir di tengah masyarakat. Di sisi lain, secara nilai atau jumlah, bantuan ini memang tidak terlalu besar. Namun yang perlu diperhatikan adalah bentuk perhatian kami terhadap masyarakat yang tidak pernah surut dalam situasi sulit sekalipun,” jelas Bukhori.

Merespons Bukhori, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Harso Susilo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan politisi PKS tersebut.

“Kami berterima kasih dengan adanya bantuan masker dan vitamin ini. Tentunya bantuan ini sangat berguna bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu. Terkadang di daerah bukannya masyarakat tidak mau menggunakan masker. Jangankan untuk membeli masker, hanya untuk makan saja mereka kesulitan,” ucap Harso.

Pada hari kedua kunjungan di dapil, Minggu (29/8), Bukhori yang didampingi Kepala Bagian Keuangan Setditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Setyo Budi mengunjungi sekaligus menyerahkan bantuan usaha bagi UMKM Frozen Food Sekolah Ibu yang didirikan oleh para ibu anggota majelis taklim Kelurahan Sendangmulyo dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Melati di Kelurahan Tandang, dimana kedua kelurahan ini sama-sama bertempat Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

Penyerahan bantuan program pemberdayaan sosial masing-masing sebesar 25 juta rupiah ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk mempertahankan keberlangsungan usaha selama pandemi.

“Bagi perekonomian nasional, UMKM memiliki sumbangsih sebesar 97% terhadap penyerapan tenaga kerja dan 60% bagi PDB. Sebab itu, menjaga nafas UMKM dalam kondisi pandemi dengan bantuan stimulus menjadi penting dan relevan demi mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.

referensi:

https://fraksi.pks.id/2021/08/30/kunjungan-dapil-bukhori-serahkan-puluhan-ribu-paket-bansos-kesehatan-dan-bantuan-umkm/

Posted in Kegiatan, Kendal, Kota Semarang, Kundapil, News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *