Bantuan Efisiensi Dana Haji Disalurkan untuk Peternakan Modern

Salatiga – Sebanyak 11 peternak sapi yang tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Raharjo di Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo Salatiga, mendapat bantuan 30 ekor sapi.

Bantuan untuk peternak sapi tersebut tersebut berasal dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), yang diserahkan melalui anggota Komisi VIII DPR RI, KH Bukhori Yusuf Lc MA. Adapun pengelolaan sapi yang dilaksanakan Kelompok Tani Ngudi Raharjo secara modern, dan mendapat pendampingan dari Daarut Tauhiid (DT) Peduli. Penyerahan bantuan sapi dilakukan KH Bukhori Yusuf didampingi Wakil Wali Kota Salatiga Dr Muh Haris SS MSi.

“Kami berharap agar bantuan sapi kepada Kelompok Tani Ngudi Raharjo ini menjadi multiefek positif bagi masyarakat,” kata Buchori.

Dijelaskannya, bantuan sapi BPKH itu bukan dari dana haji, tetapi dana dari hasil efisiensi pengelolaan haji, yang dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat. Salah satunya disalurkan kepada Kelompok Tani Ngudi Raharjo. Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengungkapkan terima kasih, karena bantuan tersebut menjadi penggerak ekonomi bagi petani di Kota Salatiga.

Para petani yang tergabung dalam kelompok tani diharapkan dapat mengelola bantuan sapi tersebut untuk kesejahteraan bersama. Direktur Program DT Peduli, Muhammad Ihsan SPd MSi menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada kelompok tani. Selama ini pendampingan telah dilaksanakan kepada petani di daerah lainnya dan berhasil. Selain bantuan sapi kepada Kelompok Tani Ngudi Raharjo, ada juga program integrated farming lainnya, yang akan dikembangkan bersama kelompok tani.

DT Peduli juga melaksanakan berbagai pengembangan ekonomi dalam rangka memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pertanian di pedesaan. Sementara itu Ketua Kelompok Tani Ngudi Raharjo, Agus Tohirin berterima kasih atas kepercayaan BPKH memberikan bantuan kepada kelompok tani yang dipimpinnya. Selama ini pihaknya telah berupaya mengembangkan pertanian dan peternakan modern, dalam rangka memajukan kesejahteraan petani serta peternak.

referensi:

  1. https://www.suaramerdeka.com/semarang-raya/pr-043264122/bantuan-efisiensi-dana-haji-disalurkan-untuk-peternakan-modern?page=2
  2. https://jatengpos.co.id/pemberdayaan-peternak-tangguh-untuk-kemaslahatan-masyarakat/
Posted in Kundapil, News, Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *